Cara Jualan Di Bukalapak Lengkap Untuk Pemula Serta Tips Mendapatkan Konsumen

Hai sobat apa kabar semoga kamu semua dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara jualan di bukalapak. Karena kini merupakan eranya kita berbisnis secara online.

Selain lebih mudah, kamu tak perlu mengeluarkan dana untuk sewa tempat. Sebab hampir semua platform marketplace bisa kita gunakan secara gratis. Dan langsung saja kita mulai pembahasan pada kali ini oke.

Alasan Harus Jualan di Bukalapak

cara jualan di bukalapak

Kenapa kamu harus menggunakan Bukalapak kalau ingin memulai bisnis online. Ini dia beberapa alasan yang masuk akal:

  • Tidak perlu repot membuat situs sendiri.
  • Pengguna Banyak sehingga peluang untuk laku lebih besar
  • Keamanan lebih terjamin sehingga aman dari penipuan dan onsumen lebih percaya
  • Rekam jejak Bukalapak yang baik
  • Merupakan platform karya anak bangsa
  • Mempunyai berbagai prestasi, salah satunya meraih penghargaan “Popularity Award of iEMA 2016”
  • Bisa mendapatkan feedback positif jika transaksi sukses
  • Notifikasi setiap ada pesanan
  • Kepastian uang pembayaran hasil jualan
  • Menjadi prioritas di mesin pencarian
  • Penghitungan ongkos kirim otomatis

Baca juga: Cara Dropship di Shopee

Cara Jualan Di Bukalapak

Cara jualan di Bukalapak bisa dibilang cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah-langkah yang saya jelaskan di bawah ini maka kamu sudah bisa memulai jualan di Bukalapak. Berikut adalah caranya.

Membuat akun Bukalapak

cara jualan di bukalapak

Cara jualan di Bukalapak yang pertama harus kamu lakukan yaitu membuat akun Bukalapak bagi yang belum mempunyai. Caranya kamu tinggal mengunjungi situs utama Bukalapak dan mengeklik tombol “Daftar” yang ada di bagian pojok kanan atas.

Isi data-data yang dibutuhkan seperti nama, e-mail, username, serta password. Namun kamu bisa juga mendaftar menggunakan akun Google atau Facebook jika tidak ingin repot mengisi data.

Setelah semua data sudah terisi, maka pihak buka lapak akan mengirimkan e-mail untuk mengkonfirmasi akun kamu. Buka e-mail kamu dan cari e-mail dari Bukalapak. Di dalam e-mail tersebut kamu tinggal klik tulisan “Konfirmasi E-mail“.

Baca juga: Jual Tenda Lipat

Persiapan Berjualan di Bukalapak

cara jualan di bukalapak

Setelah kamu mempunyai akun Bukalapak, maka sekarang adalah persiapan untuk memulai berjualan. Di sini kamu akan diminta untuk mengisi data-data toko seperti alamat dan nomor telepon.

Cara untuk mengisi data-data ini kamu hanya perlu masuk ke menu Profil>>Pengaturan dan kamu bisa langsung mengisi data-data yang masih kosong. Untuk mengisi nomor telepon dan juga data alamat, kamu bisa masuk ke tab “Akun dan Alamat

Kemudian jangan lupa juga untuk mengisi data-data yang ada pada tab “Lapak“. Disini kamu bisa menghias lapak kamu dengan header dan foto yang semenarik mungkin. Isi juga deskripsi toko kamu.

Cara Menjual Barang di Bukalapak

cara jualan di bukalapak

Bukalapak mempunyai ketentuan barang apa saja yang bisa dijual di situsnya. Jadi ada beberapa barang yang tidak dapat dijual, contohnya seperti narkotika.

Oleh karena itu kamu harus memeriksa terlebih dahulu apakah barang kamu bisa dijual di Bukalapak.

Berikut adalah barang yang dilarang dijual di Bukalapak:

  • Narkotika dan obat-obatan berbahaya
  • Alat yang berhubungan dengan alat vital atau obat pembesar organ vital, sex toys, dan lain-lain.
  • E-book, CD, DVD, dan software bajakan.
  • Binatang
  • Otomotif (pengecualian jika ada kerjasama dengan pihak Bukalapak)

Nah untuk memulai berjualan, kamu bisa masuk ke menu “Lapak saya” dan klik tombol “”Mulai Jualan“.

Di dalam menu ini, terdapat dua pilihan untuk memasukan data barang yang akan dijual. Kamu bisa memilih input data satu persatu atau langsung banyak sekaligus. Data-data yang harus kamu isi yaitu sebagai berikut:

  1. Nama barang
  2. Kategori barang
  3. Harga satuan
  4. Perkiraan berat
  5. Kondisi barang
  6. Deskripsi barang
  7. Label barang
  8. Tag
  9. SKU (Stock Keeping Unit)
  10. Layanan ekspedisi pengiriman
  11. Gambar barang

Memantau Transaksi Penjualan

cara jualan di bukalapak

Jika kamu ingin memantau setiap transaksi yang terjadi. Kamu bisa memantaunya dengan masuk melauli pilihan menu “Mylapak>>Pengaturan>>Transaksi“. Selain penjualan kamu juga bisa memantau banyaknya tagihan, pembelian, komplain/retur. Dan pada setiap transaksi terdapat 5 status seperti ini.

Pengemasan dan Pengiriman Barang

cara jualan di bukalapak

Jika produk kamu ada yang membeli maka akan ada notifikasi masuk berupa SMS atau E-mail. Jika kamu melihat status transaksi sudah “Dibayar“, maka kamu harus segera melakukan pengemasan dan mengirim barang yang disebut.

Jangan asal dalam melakukan pengemasan, sebab jika barang rusak akibat pengemasan yang salah, maka kita sendiri yang akan menanggung. Setelah kamu mengirim barang yang dimakasud si pembeli, ubah status transaksi menjadi “Kirim“.

Cara Mencairkan Pembayaran Bukalapak

cara jualan di bukalapak

Barang yang sudah diterima dan dikonfirmasi oleh pembeli, maka Bukalapak otomatis mentransfer hasil pembayaran ke saldo BukaDompet penjual.

Namun jangan khawatir jika pembeli belum mengkonfirmasi setelah satu hari barang diterima, sebab pihak Bukalapak akan otomatis mengkonfirmasi. Kamu dapat mencairkan dana dari penjualan di halaman “BukaDompet“.

Menaikkan Reputasi Toko

cara jualan di bukalapak

Di dalam bisnis online, menaikkan reputasi toko akan sangat penting, sebab akan mempengaruhi kepercayaan konsumen kedepannya. Dengan begitu bisnis anda berkemungkinan akan berkembang lebih cepat juga.

Di Bukalapak sendiri ada emblem khusus yang akan diberikan sesuai dengan respon para konsumen kamu. Jika banyak yang puas dengan pelayanan kamu, maka reputasi tokomu akan semakin bagus.

Baca juga: Cara Promosi di Instagram

Penutup

Untuk kamu yang ingin memulai berbisnis menggunakan platform marketplace Bukalapak namun masih ragu, mungkin kamu harus membaca beberapa kisah sukses para pebisnis yang menggunakan lapak di Bukalapak.

Nah itulah beberapa informasi tentang cara jualan di Bukalapak yang bisa saya berikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu semua yang membacanya. Jangan lupa like, berikan komentar dan share artikel ini untuk memberikan manfaat pada orang lain juga.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:
Optimized with PageSpeed Ninja