5 Cara Jadi Dropshipper Di Shopee Dengan Mudah Dan Yang Harus Dipersiapkan

Hai sobat apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat oke? Nah pada kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara dropship di shopee. Khusus untuk kamu yang ingin menjadi pebisnis namun masih pemula.

Oleh karena itu langsung saja kita menuju pembahasan informasi penting ini oke? Kalau kamu ingin sukses silahkan simak penjelasan kita sampai ke bawah.

Nah sebagai pembuka, shopee merupakan salah satu marketplace baru di Indonesia. Meskipun masih baru, shopee sudah bisa bersanding dengan marketplace besar lainnya seperti tokopedia, lazada, Bukalapak, dll.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

cara dropship di shopee

Cara dropship di shopee sebenarnya cukup mudah. Namun trik berjualan online dengan menggunakan sistem dropshipper ini sedikit berbeda dengan online shop pada umumnya. Dengan menjadi dropshipper, itu artinya anda tidak harus memiliki stok barang.

Cara dropship di shopee sangat cocok untuk kamu yang baru belajar berbisnis secara online yang tentunya tidak mempunyai banyak modal. Sehingga cocok sekali untuk para pemula.

Dan sebelum saya jelaskan langkah-langkahnya, kamu harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

Artikel terkait: Cara Menjadi Reseller

Jenis Produk

Sebagai pebisnis tentunya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu jenis produk seperti apa yang hendak dijual. Di shopee terdapat banyak sekali jenis produk. Mulai dari yang kecil sampai yang besar sekalipun.

Biasanya produk yang paring laris di marketplace ialah jenis fashion atau pakaian. Jika kamu ingin mencoba mendapatkan untung lebih cepat, mungkin sebaiknya kamu memilih jenis produk fashion.

Mencari Supplier Produk

cara dropship di shopee

Setelah menemukan jenis produk yang hendak kamu jual, langkah selanjutnya ialan mencari supplier untuk produk kamu tersebut. Di marketplace banyak sekali toko yang menerima sistem dropship.

Dan cara termudah untuk menemukan supplier yaitu melalui marketplace lain selain shopee seperti Bukalapak atau Tokopedia. Selain lebih mudah menemukan supplier, dengan menggunakan marketplace maka keamanan juga lebih terjamin karena ada pihak ketiga.

Mempersiapkan Sedikit Modal

Meski modal yang dibutuhkan tidaklah besar, namun ada baiknya tetap mempersiapkan sejumlah modal untuk berjaga-jaga. Sebab menggunakan marketplace harus menunggu konsumen menerima barang pesanan baru dana dapat dicairkan.

Dengan begitu modal yang kamu keluarkan tergantung dengan produk yang kamu jual. Jika barang yang kamu jual kecil, kemungkinan modal sebesar Rp 500.000 sudah termasuk cukup untuk memulai usaha ini.

Cara Dropship Di Shopee Dengan Mudah

Setelah semua hal yang ada di atas tadi sudah kamu persiapkan dengan baik, sekarang kamu bisa menyimak langkah-langkah cara dropship di shopee. Silahkan simak penjelasan berikut untuk memulai dropship di shopee.

Membuat Akun Shopee

cara dropship di shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun shopee terlebih dahulu. Disini sekaligus kamu menentukan nama yang cocok untuk toko online kamu. Gunakanlah nama yang cukup mudah untuk diingat.

Kamu cukup membuat akun shopee menggunakan smartphonemu. Atau bisa juga lewat langsung website resmi shopee jika memiliki laptop atau komputer.

Artikel terkait: Cara Jualan di Bukalapak

Aktifkan Fitur Gratis Ongkir Dari Shopee

Shopee terkenal dengan gratis ongkirnya. Oleh karena itulah banyak orang yang menggunakan shopee. Jangan lupa mengaktifkan fitur gratis ongkir di shopee supaya cepat menarik perhatian pelanggan.

Fitur ini akan sedikit membantu meningkatkan banyaknya penjualan. Sebab dengan begitu pelanggan tidak akan terbebani dengan ongkir yang terlalu mahal.

Cara mengaktifkan fitur gratis ongkir dari shopee ini, kamu hanya perlu mengirimkan foto beserta dengan KTP asli. Dan jangan lupa pastikan foto beserta informasi pada KTP terlihat jelas.

Memasukkan Data Bank Untuk Pencairan Dana

cara dropship di shopee

Selain KTP, jangan lupa untuk memasukkan data rekening bank kamu untuk mencairkan dana dari hasil penjualanmu di shopee. Ingat jika dana baru dapat dicairkan setelah konsumen menerima barang yang dikirimkan.

Alamat Diisi Dengan Alamat Miliki Supplier

Cara dropship di shopee akan langsung berbeda kalau dilihat pada alamat yang hendak diisi. Karena kamu menggunakan sistem dropship, jangan lupa jika alamat yang diisi adalah alamat miliki supplier kamu.

Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena nantinya akan mempengaruhi berapa ongkos kirim nantinya. Untuk meminimalisir kesalahan, lebih baik kamu memasukkan alamat supplier sebagai alamat kamu.

Artikel terkait: Jual Tenda Lipat

Mengunggah Foto Produk Beserta Deskripsi

cara dropship di shopee

Setelah data-data terisi dengan benar dan lengkap, langkah selanjutnya kamu bisa mengunggah foto produk beserta deskripsinya dengan jelas. Untuk memudahkan, ada baiknya kamu meminta katalog langsung dari supplier sehingga tidak merepotkanmu.

Jika kamu ingin meliha cara dropship di shopee dengan lebih detail, kamu bisa melihat video di atas yang sudah saya sertakan.

Penutup

Nah itulah beberapa cara dropship di shopee yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis kamu. Semoga bisnis kamu bisa berjalan sukses dan semakin besar. Dan jangan lupa like juga share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat supaya orang lain juga mendapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:
Optimized with PageSpeed Ninja