5 Macam Rambu Lalu Lintas yang Harus Diketahui Oleh Semua Pengguna Jalan

Setiap hari, informasi tentang kecelakaan bermotor muncul di berbagai media, baik cetak, elektronik, dan online. Penyebab kecelakaan terutama karena kesalahan manusia, termasuk kurangnya pengetahuan tentang cara mengendarai kendaraan yang aman dan nyaman. Dan yang paling sering terjadi yaitu tidak patuh rambu lalu lintas.

Ringkasan kasus kecelakaan bermotor juga muncul pada akhir setiap tahun, dengan jumlah kecelakaan, jumlah korban, jumlah korban cedera serius, jumlah cedera ringan dan jumlah kerugian material.

Saat ini, salah satu upaya untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan adalah dengan mengadopsi peraturan yang kemudian akan digunakan untuk mengatur perilaku pengemudi di jalan raya. Aturan ini adalah apa yang kita sebut istilah tanda jalan.

Rambu – Rambu Lalu Lintas Beserta Keterangannya

rambu lalu lintas
wanipira.com

Berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Transportasi No. 22 tahun 2009, yang menetapkan rambu-rambu jalan, beberapa peralatan jalan dalam bentuk simbol, huruf, angka, frasa dan / atau kombinasi yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, pesanan atau instruksi kepada pengguna jalan.

Saat bepergian dengan mobil atau motor, kita akan menemukan banyak tanda di pinggir jalan. Keberadaan persinyalan persimpangan ini bukan hanya sekedar pajangan, tetapi lebih dari itu, yakni mengatur jalan agar tetap aman dan terkendali.

Saat mengemudi, penting bagi kita untuk memperhatikan dan memahami tanda-tanda yang ada di sekitar jalan. Tujuannya mengemudi aman, baik itu pengemudi roda dua atau empat.

Ada banyak jenis rambu-rambu jalan di sekitar kita, mulai dengan rambu terlarang, rambu perintah, dan sebagainya. Mungkin sebagian dari kita sudah tahu tanda-tandanya tetapi yang lain masih asing.

Sebagai hasilnya, mari kita mulai mengenali dan memahami sinyal sehingga nantinya, mengemudi menjadi lebih aman dan nyaman.

Sejarah Rambu Lalu Lintas dan Informasi Jalan

rambu lalu lintas
hipwee.com

Kami sering bertemu tanda-tanda pinggir jalan. Tapi tahukah Anda bagaimana tanda-tanda itu dimulai? Ya, itu berkat penemuan seorang Amerika bernama Augustus Morgan.

Morgan adalah orang yang aktif di berbagai organisasi dan sangat peduli dengan keselamatan hidup banyak orang. Morgan juga sering melakukan percobaan untuk menciptakan sistem praktis dengan cara yang berbeda.

Pada awalnya, Morgan menemukan ide tanda jalan ini ketika siaran publik pertama mobil buatan Amerika terjadi sekitar tahun 1990.

Pada saat itu, kendaraan yang ditarik kuda atau bermotor masih belum memiliki aturan yang jelas mengenai penggunaan jalan antara kendaraan dan kendaraan, atau dengan pejalan kaki. Dari sana, Morgan muncul dengan gagasan untuk meningkatkan sistem lalu lintas di jalanan.

Jenis Rambu Lalu Lintas dan Artinya

Rambu lalu lintas yang didistribusikan di jalan raya dapat diklasifikasikan / dikelompokkan menjadi 5 jenis. Biasanya, setiap jenis tanda dibedakan dari warna yang digunakan.

Ada beberapa jenis rambu lalu lintas di jalan:

  • Tanda peringatan
  • Tanda-tanda orientasi
  • Tanda larangan
  • Sinyal perintah
  • Tanda-tanda tambahan

Rambu Lalu Lintas Peringatan

rambu lalu lintas peringatan
blogspot.com

Rambu peringatan ini digunakan untuk memperingatkan pengguna jalan bahwa mereka harus selalu berhati-hati saat mengemudi karena ada alasan mengapa kondisinya dianggap berbahaya, jadi berhati-hatilah. Jangan hanya jika kita bertemu polisi lalu lintas baru menaati rambu yang ada.

Secara umum, latar belakang yang digunakan untuk tanda peringatan berwarna kuning dan hitam untuk menulis atau menggambar, jika berlaku.

Misalnya, kita bisa melihat tanda-tanda yang menunjukkan keberadaan kereta api. Secara umum, tanda-tanda ini akan berada 100 meter sebelum perlintasan kereta. Rambu menginformasikan bahwa 100 meter kemudian akan ada persimpangan kereta dan pengguna jalan peringatan akan diperingatkan.

Contoh lainnya adalah rambu-rambu jalan yang licin, persimpangan, tebing / rawan tanah longsor, jalan bergelombang, jalan curam, kurva, jalan sempit dan banyak lagi.

Tanda Lalu Lintas Petunjuk

rambu lalu lintas petunjuk
kursusmengemudi.id

Rambu-rambu tersebut digunakan untuk memberi tahu pengguna jalan tentang arah, arah, atau konfirmasi balapan utama yang mengkonfirmasi arah yang akan diambil untuk area tertentu.

Latar belakang yang digunakan dalam plang biasanya menggunakan hijau dan putih untuk penulisan dan simbol. Dan dengan bentuknya yang biasa, sebuah kotak persegi panjang.

Isi dari tanda-tanda adalah informasi tentang suatu tempat / wilayah, jarak tempat, ke mana arah, arah. Untuk mengkonfirmasi informasi yang dikirimkan, sinyal biasanya menggunakan huruf besar dalam instruksi.

Rambu Lalu Lintas Larangan

rambu lalu lintas larangan
blogspot.com

Rambu larangan ini dipasang untuk melarang pengguna jalan mengambil tindakan terhadap rambu-rambu terlarang. Misalnya, tanda-tanda dilarang berhenti, parkir dilarang, persimpangan dilarang, mereka dilarang menyalip, mereka dilarang membunyikan klakson dan banyak lagi.

Untuk memperkuat informasi yang tersedia di poster, latar belakang yang digunakan adalah merah dan putih untuk tulisan disertai dengan bar miring yang menunjukkan bahwa itu adalah larangan.

Secara umum, tanda larangan berbentuk lingkaran, tetapi tidak semua tanda dilarang berbentuk lingkaran, ada pula yang berbentuk lingkaran.

Rambu Lalu Lintas Perintah dan Umum

rambu lalu lintas perintah dan umum
blogspot.com

Sinyal perintah ditujukan bagi pengguna jalan untuk melakukan apa yang dipesan sesuai dengan konten sinyal yang ada. Misalnya, perintah untuk pergi ke jalan yang ditentukan adalah ke arah panah, batas kecepatan maksimum untuk kendaraan diperbolehkan, sinyal perintah untuk pengemudi kendaraan tertentu untuk melewati rute tertentu.

Sementara rambu-rambu umum berguna untuk memberi tahu pengguna jalan, akan ada layanan publik penting yang dapat digunakan bila perlu. Misalnya, rambu bom gas, rambu masjid, rambu rumah sakit, rambu halte, dan banyak lagi. Sebagian besar rambu publik dipasang sekitar 50-100 sebelum lokasi.

Warna yang digunakan untuk tanda-tanda perintah dan tanda-tanda umum berwarna biru dengan logo / tanda / huruf yang didominasi oleh warna putih, beberapa di antaranya digabungkan dalam warna hitam atau merah.

Tanda Lalu Lintas Papan Tambahan

rambu lalu lintas papan tambahan
blogspot.com

Menurut metode pasang surut dan pesan yang harus ditransmisikan ke pengguna tambahan pensinyalan papan, mereka dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis sinyal, yaitu:

  • Rambu lalu lintas permanen: sinyal tetap yaitu sinyal yang dipasang di jalan sesuai dengan kebijakan Kementerian Perhubungan dan dipasang secara permanen atau permanen
  • Rambu lalu lintas sementara: yaitu rambu yang dipasang dan hanya berlaku untuk beberapa saat atau dalam kondisi dan kondisi tertentu yang insidentil. Itu dapat ditempatkan kapan saja dan Anda dapat memindahkan lokasi.

Tanda ini masih relatif baru karena baru ditentukan berdasarkan Keputusan Menteri nomor 13 tahun 2014
Ya, itu tentang rambu-rambu jalan di jalan. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan pengetahuan bagi semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:
Optimized with PageSpeed Ninja